Islam Rahmatan Lil ’Alamin

Islam rahmatan lil ’alamin (Islam rahmat bagi alam) ini bukan Islamnya Jokowi. Bukan Islamnya Gus Dur. Bukan Islamnya Nurcholish Madjid. Bukan Islamnya Said Aqil Siradj. Bukan Islamnya Din Syamsuddin. Bukan Islamnya NU. Bukan Islamnya Muhammadiyah. Tapi, ini ’’Islamnya’’ seluruh umat Islam. Di mana pun dan kapan pun, seorang muslim harus bisa membawa rahmat bagi seluruh alam. Ibarat lebah, dia hanya makan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersih, hinggap di tempat bersih dan tidak merusak tempat yang dihinggapinya. Bahkan, sengatannya pun bisa mengobati berbagai penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Salah satu adegan di film ''99 Cahaya di Langit Eropa''.

Salah satu adegan di film ”99 Cahaya di Langit Eropa”.

Islam rahmatan lil ’alamin ini salah satu amanat yang ingin disampaikan dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa. Film yang ditayangkan pada 5 Desember 2013 ini diadaptasi dari novel laris karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dengan judul sama.
Agen muslim yang baik itu di antaranya ditampilkan melalui sosok Fatma Pasha (Raline Shah). Fatma seorang muslimah berdarah Turki yang dikenal Hanum Salsabiela Rais (Acha Septriasa) di Vienna, Austria. Hanum sendiri seorang jurnalis asal Indonesia yang selama tiga tahun menemani suaminya, Rangga Almahendra (Abimana Aryasatya), yang menjalani kuliah doktoral. Hanum dan Rangga kemudian mengenal sejarah dan pengaruh Islam yang dibawa bangsa Turki di era Kesultanan Usmaniyah di Eropa, mulai Vienna (Austria), Paris (Prancis), hingga Istanbul (Turki).
Sebagai minoritas, Fatma sering mengalami perlakuan kurang menyenangkan di Austria. Dari kekerasan verbal, psikologis, hingga diskriminasi. Entah karena jilbab yang dikenakan atau keturunan Turki. Namun, perlakuan itu justru dibalas dengan sikap manis. Fatma ingin menjadi agen muslim yang baik. Membalas keburukan dengan kebaikan.
Ketika makan di sebuah restoran bersama Hanum, misalnya. Kala itu Hanum sempat emosi dengan perkataan seorang pengunjung resto yang menghina bangsa Turki dan ingin membalaskannya. Tapi, Fatma yang berwajah ayu itu ’’mendinginkan’’ emosi sahabatnya, si Hanum. Kepada Hanum, Fatma mengatakan bahwa mereka berbuat seperti itu karena belum mengerti. Di luar dugaan Hanum, Fatma justru membayar semua tagihan makanannya. Dari sinilah Hanum mendapatkan pelajaran tentang cinta dan luasnya kedamaian Islam.
Sebagai Turki di Austria, Fatma mencoba menebus kesalahan kakek moyangnya yang gagal meluluhkan Eropa dengan menghunus pedang dan meriam. Merzifonlu Kara Mustafa Pasha, kakek Fatma, yang membawa Islam di benua Eropa, bahkan dianggap teroris.

Novel ''99 Cahaya di Langit Eropa'' karya Hanum Rais yang diangkat ke layar lebar dengan judul sama.

Novel ”99 Cahaya di Langit Eropa” karya Hanum Rais yang diangkat ke layar lebar dengan judul sama.

Namun, sekali lagi, Fatma tidak sakit hati. Justru sebaliknya, dia ingin menunjukkan bahwa Islam itu dibawa bukan dengan ayunan pedang, melainkan melalui dakwah bil hikmah.
Agen muslim yang baik juga ditunjukkan Rangga, suami Hanum, dan Khan (Alex Abbad). Khan muslim asal Pakistan. Teman kuliah doktoral dan teman dekat Rangga. Perilaku-perilaku Islami yang ditunjukkan keduanya mampu membuat Stefan (Nino Fernandez), teman kuliah doktoralnya, menjadi jatuh cinta terhadap Islam.
Stefan yang sangat membenci Khan dan menganggapnya muslim berbahaya, justru sangat berjasa terhadap keselamatan nyawanya. Ketika Stefan kecelakaan dan kehilangan banyak darah, Khan menjadi pendonor darah dan membantu pembiayaannya.
Mereka telah menjadi agen-agen Islam yang baik. Membawa rahmat bagi seluruh alam, sebagaimana Nabi Muhammad SAW yang diutus Allah SWT untuk membawa rahmat bagi seluruh alam (wa maa arsalnaaka illa rahmatan lil alamin).
Ideologi rahmat bagi seluruh alam inilah yang harus menjadi ideologi bersama. Apa pun agama kita, keyakinan kita, etnis dan bangsa kita, ideologi ini harus diperjuangkan bersama-sama. (*)

~ by ariyanto on 15 October 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: