Ayat Ayat Poligami

Apa yang kamu lakukan jika empat perempuan cantik, seksi, dan pintar ingin menjadi istrimu? Kamu menikahi salah satu, salah dua, salah tiga, atau keempat-empatnya?

Fahri, istri pertamanya, dan istri keduanya (di balik pintu kamar) dalam film ''Ayat Ayat Cinta''.

Fahri, istri pertamanya, dan istri keduanya (di balik pintu kamar) dalam film ”Ayat Ayat Cinta”.

Kalau hanya dipilih satu, tiga perempuan lainnya pasti sakit hati. Dipilih dua, dua lainnya sakit hati. Dipilih tiga, cuma satu sakit hati. Jika dipilih semuanya, tidak ada satu pun sakit hati. Jadi, mau pilih semuanya? Hmmm…maunya ya? Hahaha….
Ditaksir banyak perempuan inilah yang dialami Fahri bin Abdullah Shiddiq (Fedi Nuril) dalam film Ayat Ayat Cinta yang ditayangkan perdana pada 2008. Film ini diadaptasi dari novel laris karya Habiburrahman El Shirazy berjudul Ayat Ayat Cinta.
Wajar Fahri jadi ’’rebutan’’. Risiko punya wajah tampan, pintar, dan saleh pula. Dia mahasiswa asal Indonesia yang sedang menyelesaikan studi S2-nya di Universitas tertua di dunia, Al-Azhar. Tak hanya itu. Dia juga simpatik, bersahaja, serta memegang teguh prinsip hidup dan kehormatannya.
Inilah yang membuat beberapa gadis jatuh hati. Mereka adalah Nurul Azkiya binti Ja’far Abdur Razaq (Melanie Putria), Noura Bahadur (Zaskia Adya Mecca), Maria Girgis (Carissa Putri), dan Aisha Greimas (Rianti Cartwright).
Nurul seorang anak kiai besar di Jawa Timur. Cantik. Salehah. Auranya menenangkan. Kecerdasan dan kualitasnya menyatukan segala kelebihannya.
Noura, perempuan Mesir yang kerap disiksa ayahnya sendiri berharap terobsesi pada Fahri untuk menjadi ayah dari calon bayi ’’yang tidak dikehendakinya’’.
Maria seorang gadis Kristen Koptik yang jatuh cinta pada Islam. Ia sangat mencintai Fahri dan ingin ia membimbingnya pada jalan Islam.
Aisha seorang mahasiswi asing bercadar keturunan Jerman dan Turki. Cerdas, cantik dan kaya raya. Latar belakang keluarganya yang berliku mempertemukan dirinya dengan Fahri.
Nah loh, susah kan memilihnya? Cantik semua. Tapi Fahri tak mungkin pilih semuanya. Dia melabuhkan hatinya pada Aisha. Perempuan bermata menawan blasteran Palestina, Turki, dan Jerman itu akhirnya dinikahi. Fahri sebagai anak pedagang tape ketan merasa mendapat berkah luar biasa bisa menikahi putri yang nyaris sempurna. Anak miliarder pula.
Meski Fahri sudah menikah, hal itu tak membuat ketiga perempuan lainnya berhenti mengejar. Nurul, Noura, dan Maria masih terus ’’usaha’’. Namun, di antara ketiga perempuan itu, Fahri hanya mencintai Maria. Tetangganya satu flat yang selama ini sangat perhatian pada Fahri. Suka kirim makanan. Pernah perbaiki komputernya. Dan perhatian-perhatian lainnya. Mungkin inilah yang membuat Fahri jatuh cinta. Apalagi Maria sangat kagum kepada Alquran dan ingin belajar tentang Islam. Nah, terus, Fahri mau poligami? Bagaimana dengan Aisha? Apakah mengizinkannya?
Awalnya Aisha sangat berat cintanya dibagi. Namun melihat kecintaan Fahri begitu tinggi kepada Maria membuat Aisha terpaksa mengizinkan Fahri menikahinya. Ya, terpaksa. Karena perempuan mana mau ’’diracun’’? eh, ’’dimadu’’?
Dalam perjalanannya, Aisha tak kuat melihat keromantisan suaminya dengan Maria. Api cemburu berkobar-kobar membakar dirinya. Tak kuat menahan ’’panas’’, Aisha akhirnya ingin pisah rumah untuk menenangkan diri. Ingat, bukan pisah ranjang loh ya? Beda pengertiannya.

Anakku membaca novel ''Ayat Ayat Cinta'' karya Habiburrahman El Shirazy.

Anakku membaca novel ”Ayat Ayat Cinta” karya Habiburrahman El Shirazy.

Dari kisah ini menunjukkan betapa ’’susahnya’’ menjalani praktik poligami. Ini bukan persoalan mampu secara fisik atau ekonomi. Tapi sanggupkah kita berlaku adil?
Aku tidak dalam kapasitas mendukung atau menolak poligami. Itu tergantung dari masing-masing pihak yang menjalani. Jika di film ini Aisha begitu ’’sakit’’ ketika ’’dimadu’’, di film lainnya ada istri yang justru mencarikan istri buat suaminya hehehe… (*)

~ by ariyanto on 15 October 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: