Pidato SBY ’’Disihir’’ Lalat

ok
Oleh
ARIYANTO

Sehari menjelang pilpres, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Capres dari Koalisi Demokrat diserang ’’sihir’’ lalat. Binatang itu menggoda SBY saat mantan Pangkostrad itu syuting untuk mengucapkan ’’Selamat Menyontreng’’ dari Istana Negara, Jln Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, kemarin (7/7). SBY pun terpaksa menghentikan pidatonya, lalu menyemprot sendiri serangga nakal itu.
Inikah sihir yang kerap disebut-sebut SBY itu? Seperti diberitakan, belakangan ini SBY mengaku kerap diganggu sebagian pihak yang menggunakan ilmu hitam. ’’Ini musim pemilu, dalam pilpres dan pilwapres banyak yang menggunakan ilmu sihir. Betul saya merasakan dengan keluarga. Luar biasa, macam-macam yang digunakan,’’ kata SBY saat berbicara di hadapan 3.000 jamaah zikir dan pengajian di kediamannya, Puri Cikeas Bogor, Jawa Barat, (4/7).
Apakah serangan lalat ini merupakan media ’’sihir’’ yang digunakan lawan-lawan politik SBY? Kalau iya, mengapa bukan ular seperti legenda Nabi Musa? Atau serangan tawon? Entahlah. Mungkin hanya lalat yang bisa menerobos pengamanan Paspampres.
Serangan lalat ini bermula saat SBY berbicara di depan puluhan kamera televisi. SBY memulai membaca kalimat per kalimat yang dibacanya dari sebuah alat bernama telepromter. Alat ini biasa dipakai presenter untuk membacakan berita.
’’Rakyat Indonesia yang saya cintai, Insya Allah esok hari…Astaghfirullah,’’ ucap SBY seraya menghentikan pidatonya saat tiba-tiba lalat hinggap di wajah bagian kirinya. SBY pun langsung menghentikan pidato. Setelah itu, SBY yang saat itu mengenakan peci hitam dan setelan jas hitam plus dasi warna biru duduk di kursi meninggalkan podium.
Tak berapa lama kemudian, SBY telah siap kembali membacakan ucapan selamat menyontreng. Syuting kedua cukup sukses. Tiga menit berlalu tak ada hambatan sama sekali. Tapi memasuki menit keempat, lagi-lagi ’’Astaghfirullah,’’ cetus SBY saat ’’sihir’’ lalat itu kembali menyerang.
Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) bingung. Menkominfo M Nuh langsung mendekati SBY dan mencari serangga di sekitar SBY dengan kedua tangan siaga untuk menepuk lalat tersebut. Namun sayang, serangga tak bisa ditangkap.
SBY pun kemudian meminta obat penyemprot serangga merek terkenal untuk menghancurkan ’’sihir’’ lalat itu. Tak lama kemudian, personel Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) datang membawa obat serangga tersebut.
’’Pzz…ppzzz….pzz….’’ SBY berkali-kali menyemprot daerah sekitar podium tempat dia syuting. Di atas podium, kiri kanan podium, dan di bawah podium. SBY kemudian mengusap-usap bagian depan podium berukir berwarna cokelat itu dengan jari kanannya.
’’Jangan-jangan ini yang bawa wartawan,’’ canda SBY kepada wartawan. Di belakang SBY syuting, belasan bunga terlihat berderet rapi. Bunga ini dijadikan latar belakang videoconference dengan para gubernur se-Indonesia kemarin pagi. Paspampres pun berinisiatif menyemprot bunga-bunga hidup itu dengan obat serangga.
’’Jangan di situ nyemprotnya. Nanti malah lari ke sini dong?’’ ucap SBY, seperti berpolitik saja. Jangan mudah terbawa arus, jangan mudah dipancing ke tempat yang tidak dikuasainya. Yang penting, amankan posisi dulu.
Setelah sekian lama menunggu, akhirnya SBY kembali syuting yang ketiga kalinya. Syuting terakhir, sukses. Lalat tak lagi mengganggu capres dari Partai Demokrat yang akan berkompetisi dalam pilpres hari ini.
’’Bungkus….,’’ seru Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng saat melihat pidato SBY sukses. Meski sukses, SBY tak langsung puas. Dia meminta diputar kembali rekaman videonya yang memakan waktu 6 menit 25 detik tersebut.
Kejadian ini mengingatkan kita pada kasus Barack Obama. Presiden Amerika Serikat ini diganggu lalat saat wawancara dengan sebuah stasiun TV. Lalat itu hinggap di tangan kiri. Oleh Obama, lalat itu ditepuk hingga terjatuh ke lantai. Rupanya, Obama dan SBY punya nasib sama: disihir lalat! Lho, Obama kok percaya sihir??? (*)

INDOPOS, 8 Juli 2009

~ by ariyanto on 8 July 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: