Blog, Suara Baru Indonesia

Oleh

Ariyanto

 

Menteri Negara Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Mohammad Nuh menjamin kebebasan berekspresi blogger Indonesia dan tidak akan ada larangan menulis bagi blogger. Nuh bahkan mencanangkan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

’’Tak ada pembreidelan blogger. Bukan zamannya lagi ada pembatasan menulis dan berekspresi,’’ tandas Menteri Kominfo Moh Nuh saat membuka Pesta Blogger 2007, ajang pertemuan blogger se-Indonesia, di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, kemarin siang.

Namun, kata Nuh, yang diperlukan dalam tulisan para blogger Indonesia adalah tulisan-tulisan mencerahkan. Anak-anak muda menentukan masa depan bangsa Indonesia. Jika anak-anak muda memiliki kesadaran membangun Indonesia yang lebih baik, nasib bangsa ini akan lebih baik. ’’Tanpa kesadaran itu, bangsa ini akan lenyap. Tapi saya yakin anak-anak muda Indonesia punya kemampuan luar biasa, kreatif dan inovatif,’’ tandasnya.

            Diungkapkan, jumlah blogger Indonesia saat ini sekitar 130.000. Dibandingkan jumlah penduduk 220 juta, jumlah ini masih sedikit. Dia berharap pada 2008, jumlah blogger Indonesia mencapai satu juta. Depkominfo mendukung penuh setiap kegiatan blogger Indonesia. Setiap tahun akan diberikan Blogger Award. ’’Kalau bisa diawali pada 2008 karena satu abad kebangkitan nasional. Nuh juga menantang para blogger menciptakan lagu dan syair ’’Suara Baru Indonesia’’, yang akan menjadi semacam ’’lagu kebangsaan’’ blogger Indonesia.

            Dirjen Aplikasi Telematika, Depkominfo, Cahyana Ahmad menambahkan bahwa Blogger dapat menjadi perekat bangsa jika konten terjaga. Jika tidak, bisa-bisa malah membodohkan bangsa. ’’Kita mau mengajak guru di Depdiknas untuk menuliskan pelajaran di blog,’’ kata dia serius. ’’Gimana kalau tahun depan kita canangkan 1 juta blogger, sehingga jadi perekat bangsa di tengah-tengah konflik di Indonesia,’’ lanjut dia.

Ketua Komite Pesta Blogger 2007, Enda Nasution mengatakan temu nasional blogger berskala nasional ini pertama di Indonesia. Komunitas bloggers di berbagai daerah pun mengirimkan perwakilan mereka untuk turut serta memeriahkan acara Pesta Blogger 2007 ini. Tercatat di antara mereka adalah komunitas Anging Mammiri dari Makassar, Go Ranah Minang, Loenpia.net. Semarang, dan komunitas blog Yogja.

Antusiasme yang luar biasa dan dukungan yang terus mengalir ini sangat menggembirakan. ’’Jika kita bisa mengarahkan aktivitas blogging di Indonesia ke arah positif, kami yakin bahwa blog akan menjadi Suara Baru Indonesia,’’ kata Enda.

Pemandu diskusi seputar blog, Wimar Witoelar, mengatakan, orang-orang yang hadir dalam Pesta Blogger ini adalah mereka yang memiliki sikap. ’’Apakah sikap itu benar atau salah, itu urusan belakangan dan dapat dikoreksi bersama,’’ kata Wimar.

Sementara itu, Nila Tansil, seorang Blogger, mengaku punya pengalaman tak terlupakan. ’’Saya pernah nulis sampai bikin Menteri Pariwisata Malaysia berang, sehingga kehilangan side job  saya di salah satu televisi swasta,’’ ungkap gadis ayu ini.

Sedangkan pemain biola Maylaffayza meyakini blog dapat membuat dirinya menjadi waras. Menulis di blog sudah menjadi semacam candu. Dalam sehari, dia berada di depan komputer minimal tiga jam. ’’Saya banyak menulis tentang musik di blog saya,’’ kata dia.

Pada acara Pesta  Blogger 2007 ini juga digelar ajang pemilihan Blog Favorit Pesta Blogger 2007. Kategorinya adalah online marketing dan sales, women’s issues, teknologi, blog personal, blog selebriti, dan current issues (blog yang ditulis dalam bahasa Inggris sehingga blogger di negara lain bisa mengetahui tentang apa yang sedang terjadi di Indonesia). Menariknya, ada pula blog pendatang baru terfavorit yaitu kategori blog yang maksimal baru berusia 6 bulan. Dari 216 blog yang dinominasikan, terpilih 3 blog favorit dari masing-masing kategori.

            Dukungan penuh dari Menkominfo menunjukkan dukungan pemerintah Indonesia terhadap para blogger dan kebebasan berekspresi mereka. Ini juga memperlihatkan bahwa blog telah menjadi alternatif media yang cukup menarik perhatian pemerintah.

            Semoga dengan acara ini, para blogger Indonesia dapat mengarahkan aktivitas bloggingnya ke arah lebih positif. Mampu memberikan dampak berarti bagi perkembangan Indonesia dan dapat menjadi jendela bagi negara lain untuk melihat Indonesia dari berbagai sudut pandang. Ditunggu kontribusi positif bagi perkembangan Indonesia melalui tulisan-tulisan bermutu dalam blognya masing-masing. (*)


*Terbit di Indo Pos, 28 Oktober 2007

 

~ by ariyanto on 28 October 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: