Kirim SMS Doa

Oleh
Ariyanto

Rahasia setiap kemujuran Nono Dritanto ternyata sederhana: rajin kirim doa! Ketika wukuf di Padang Arafah, Nono mendoakan semua teman dan saudaranya via SMS. Hasilnya, mereka kemudian bisa naik haji. Bagaimana kisahnya?
Nono Dritanto langsung berurai air mata ketika terpilih jadi pemenang umrah gratis Indo Pos yang bekerja sama dengan Telkomsel. Ketika baca pengumuman pemenang acara ’’Habis Haji Bonus Umrah’’ di koran ini Kamis (1/3) lalu, tiada terasa sepasang garis putih laksana kristal membasahi pipi. ’’Saya nangis saat melihat nomor handphone yang tertera,’’ kata bapak tiga anak dan satu cucu ini terharu.
Setelah sujud syukur, Nono menghubungi ibunya di Malang. Pria kelahiran Blitar, Jawa Timur, ini mengucapkan rasa terima kasih atas doa yang dipanjatkan. ’’Ibu saya sangat gembira menerima pemberitahuan ini,’’ ujar Direktur Utama PT Daun Mas Indograha ini bahagia.
Berita gembira itu pun disampaikan kepada anak-anaknya. Tapi, responsnya sangat mengejutkan Nono. Jawaban mereka di luar dugaan. ’’Hati-hati lho, sekarang ini banyak sekali penipuan berkedok SMS berhadiah,’’ tutur Nono menirukan ucapan anak-anaknya. Ya, cukup beralasan mengingat sekarang memang banyak sekali penipuan. Namun peraih dua gelar magister dari UI ini sama sekali tidak ragu. ’’Lha wong yang punya acara Indo Pos,’’ tandas pembaca setia Indo Pos sejak empat tahun lalu itu (ini berarti sejak pertamakali Indo Pos terbit).
Kabar bahagia ini pun disampaikan kepada teman-temannya via SMS. Apresiasi mereka ternyata juga sama. Tak percaya dan mewanti-wanti agar Nono tidak terpedaya dengan penipuan berkedok SMS. Setelah diyakinkan bahwa ini tidak bohong, kawannya pun langsung meneleponnya dan mengucapkan selamat karena doanya dikabulkan.
’’Saya nangis lagi mendengar perkataan teman-teman. Bukannya cengeng atau apa. Ternyata benar firman Allah: Inna ma’al usri yusro. Fainna ma’al usri yusro (Sesungguhnya setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan. Dan sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan),’’ kata pria yang membangun perusahaannya dengan berpeluh keringat ini.
Nono dapat umrah gratis karena SMS yang dikirimkan ke Indo Pos dinilai unik dan menarik. Berikut ini isi SMS-nya: ’’Dengan berbekal fasilitas berkomunikasi dari Telkomsel selama ibadah haji 2005, aku pergi haji! Saat wukuf di Padang Arafah, tempat paling afdhol (utama) mendoakan teman/sanak keluarga dan handai taulan, aku menyerukan agar segera memenuhi panggilan Allah SWT untuk ibadah haji. Aku tanya Ustad, bolehkah mengonfirmasi doa saya ke teman dan sanak saudara via SMS? Jawabnya boleh selama dengan niat Lillaahita’ala (karena Allah semata-mata)! Maka, mulailah aku berdoa dan doa tersebut aku ketik dan kirim via SMS! Hasilnya, lebih dari 150 SMS Telkomsel yang terkirim, banyak teman dan saudaraku yang kemudian naik haji. Alhamdulillah!’’
Nono SMS dua kali. SMS di atas adalah SMS-nya pertama. Nono sengaja menirim SMS dua kali karena khawatir kalau SMS pertamanya tidak delivered. Nono juga mengaku tak punya strategi atau doa khusus untuk memenangkan hadiah ini. Mengalir saja. Tidak pula minta didoakan agar menang. ’’Waktu mengikuti SMS ini saya tidak berharap apa-apa. Apalagi berharap menang. Eh ternyata kok malah terpilih,’’ ungkap dia tidak percaya.
Pada umrah tahun ini dirasakan sangat spesial. Pasalnya, Nono ingin sekali memotret makam nabi lagi. Lho, bukankah sudah pernah haji pada 2005 lalu? Memang benar, Nono sudah pernah haji. Waktu itu maktab 110. Peraih gelar MEng dan MCM ini juga sudah menghajikan kedua orangtuanya serta mengumrahkan beberapa temannya. Namun, kenang-kenangan hasil jepretannya di Tanah Suci itu dicuri seseorang. Padahal, dirinya berhasil memotret makam Nabi Muhammad, meski waktu itu tidak bisa memotret. ’’Alhamdulillah kesempatan itu datang kembali. Apalagi saya bisa bareng dengan artis Maia Ahmad,’’ kelakar duda beranak tiga yang kini sedang membangun empat puluh unit apartemen di Balikpapan, Kalimantan Timur ini.
Perjalanan umrah yang bekerja sama dengan Telkomsel dan biro perjalanan haji Assuryaniyah ini rencananya diselenggarakan pada awal April mendatang. Nono berangkat bersama empat ratus jemaat lainnya. Temanya kali ini adalah umrah keluarga. Karena bertema keluarga, dirinya berencana mengajak anak-anak. ’’Alhamdulillah. Terima kasih buat Indo Pos. Sebulan ini saya akan mempersiapkan segalanya, termasuk noto ati (menata hati) dulu,’’ ujar dia setelah menerima hadiah umrah itu di Gedung Graha Pena Indo Pos dari Dirut Indo Pos Joko Intarto. Pada saat bersamaan, Indo Pos juga memberikan hadiah hiburan kepada Ny Shinta. (*)

*Terbit di Indo Pos, 4 Maret 2007

~ by ariyanto on 5 March 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: